Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL
Vol 10, No 4 (2022): Jurnal Administrasi Bisnis

Pengaruh Jingle Dan Tagline Iklan Terhadap Pembentukan Brand Awareness (Studi Pada Jingle “Shopee Shark Challenge” Dan Tagline “Gratis Ongkir Se-Indonesia” Di Televisi Terhadap Masyarakat Di Kota Samarinda)

Chronicle Hizkia E.P (Mulawarman University)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jingle dan tagline terhadap brand awareness Shopee di Kota Samarinda. Jingle (X1) dan Tagline (X2) digunakan sebagai variabel independen sedangkan brand awareness (Y) menjadi variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian yaitu 100 orang responden di Kota Samarinda yang pernah melihat iklan Shopee yang berjudul “Shopee Shark Challenge”. Teknik penentuan jumlah sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah populasi yang tidak diketahui. Data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden secara daring. Data sekunder diperoleh dengan melakukan observasi lapangan. Data dianalisis menggunakan teknik regresi linier berganda dengan bantuan software statistik SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel jingle dan tagline secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap brand awareness Shopee. Secara parsial juga variabel jingle dan tagline berpengaruh secara signifikan terhadap brand awareness Shopee. Dan yang menjadi variabel dominan dalam mempengaruhi brand awareness adalah tagline.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jadbis

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL is a journal that publishes current original research on business studies using an interdisciplinary perspective. This publication contains various scientific writings in the form of research results, theoretical and conceptual studies, practical applications ...