ABSTRAK Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat, (2) apa problematika dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat, (3) bagaimana upaya guru dalam mengatasi problematika guru dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat dan (4) apakah solusi dari dampak problematika dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pelaksanaan kegiatan pembelajaran di SMA Neeri 1Kulisusu Barat, (2) problematika guru dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat, (3) upaya guru dalam mengatasi problematika guru dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat dan (4) solusi dari dampak problematika dalam pengeloaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang memiliki tahap kerja yaitu: (a) wawancara,(b) observasi, dan (c) dokumentsi. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, paparan dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa problematika guru dalam pengelolaan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat adalah guru yang seharusnya mengajar sesuai dengan keahlian dan jurusannya diperguruan tinggi harus mengajar mata pelajaran lain yang tidak sesuai dengan jurusannya di perguruan tinggi karena kekurangan guru. Hal ini dilakukan karena untuk menutupi kekurangan guru di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat. Selain itu problematika lain yaitu kebanyakan guru yang ada di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat adalah GTT atau Guru Tidak Tetap, dari beberapa guru tersebut hanya 5 orang guru PNS. Selain jumlah guru PNS yang minim yang menjadi kendala lain adalah letak sekolah SMA Negeri 1 Kulisusu Barat yang jauh dari ibu kota kabupaten dan kurangnya SDM khususnya alumni sarjana pendidikan di wilayah Kecamatan Kulisusu Barat sehingga menyebabkan kurangnya tim pengajar di SMA Negeri 1 Kulisusu Barat.
Copyrights © 2022