Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF)
Vol 3 No 2 (2022): November

Hambatan Guru IPA dalam Menerapkan Pembelajaran IPA Terpadu di SMP Kelurahan Sukamoro

Nely Andriani (Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya)
Supardi Supardi (Fisika, Universitas Sriwijaya)
Abidin Pasaribu (Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya)
Saparini Saparini (Pendidikan Fisika, Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi hambatan guru SMP di Kelurahan Sukomoro dalam menerapkan pembelajaran IPA terpadu. Penelitian dilaksanakan di SMP Kelurahan Sukomoro pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian merupakan guru IPA di SMP Kelurahan Sukomoro. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampe penelitian yaitu guru SMPN 1 Sukomoro dan SMP PGRI Sukomoro.Teknik pengambilan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan: tahap perencanaan adalah menyikronisasikan materi sebesar 43% kategori sedang dan menghubungkan kesamaan materi dalam pelajaran IPA sebesar 40% kategori sedang; tahap pelaksanaan guru mengalami hambatan pada pelaksanaan pembelajaran IPA terpadu secara menyeluruh dengan persentase 37% kategori sedang, dan tahap penilaian masih menitikberatkan pada penilaian kognitif sebesar 93% kategori tinggi, namun kurang memperhatikan aspek penilaian kinerja dan sikap. Hambatan tersebut perlu segera diatasi dengan kegiatan pengembangan diri guru IPA berupa pelatihan yang diadakan oleh sekolah maupun bekerja sama dengan pihak terkait.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JLPF

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF) is devoted to short communications, full-length research papers, and feature articles on studies or literature reviews in science education, especially physics education. This journal intended to be the media in spreading and communicating technological ...