Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 4 No 2 (2022): September

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN GURU UNTUK PEMBELAJARAN ONLINE DI PAUD: TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK)

Riri Sakti (Universitas Negeri Padang)
Delfi Eliza (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari informasi empiris tentang pengaruh Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap persiapan guru dalam pembelajaran Online. Penelitian ini menggunakan metode survei kuantitatif dengan teknik analisis jalur. Penelitian ini mengukur kesiapan guru TK dalam pembelajaran jarak jauh di Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling yang melibatkan 105 guru. Temuan empiris mengungkapkan bahwa ada pengaruh positif langsung PACK terhadap kesiapan guru pembelajaran online. Jika ingin meningkatkan kesiapan guru untuk pembelajaran online, maka Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) harus ditingkatkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pelangi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Fokus jurnal ini adalah studi akademik dilingkup TK/PAUD dalam berbagai perspektif yang berupa artikel hasil pemikiran dan penelitian pendidikan PAUD/TK.Ruang lingkup jurnal ini mengkhususkan pada pendidikan dasar terutama dilingkup Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dalam berbagai disiplin ilmu dan ...