Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU)
Vol. 2 No. 3 (2022): Desember : Jurnal Ilmu Pendidikan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SD NEGERI 173425 SIMANULLANG TOBA

PANE, CASMA KRISTINA (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas IV SD Negeri 173425 Simanullang Toba Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan dalam pembelajaran materi Pengurangan Bilangan Bulat. Untuk mengatasi masalah tersebut dilakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar mengenai materi Pengurangan Bilangan Bulat dengan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika materi Pengurangan Bilangan Bulat di kelas IV (Empat) dengan jumlah peserta didik 20 orang peserta didik yang terdiri dari 9 orang peserta didik laki-laki dan 11 orang peserta didik perempuan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 15 Oktober 2022 dan 12 November 2022. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar terhadap materi pembelajaran Pengurangan Bilangan Bulat mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi tiap siklus peserta didik dimana pada Prasiklus nilai rata-rata kelas 68,5, dan pada siklus I naik menjadi 75,0 serta pada siklus II nilai rata-rata kelas naik lagi menjadi 82,0. Jadi penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran matematika materi pengurangan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV (Empat) SD Negeri 173425 Simanullang Toba Kecamatan Doloksanggul Kabupaten Humbang Hasundutan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sokoguru

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (SOKO GURU) mewadahi artikel karya ilmiah hasil penelitian para dosen, praktisi akademik, guru dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Ruang lingkup jurnal ini adalah semua penelitian yang berhubungan dengan pendidikan. Jurnal ini diterbitkan 3 (tiga) kali dalam ...