Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 6, No 1 (2022)

ANALISIS STRUKTUR JARINGAN SOSIAL PENGGUNA TWITTER DENGAN TAGAR #G20INDONESIA

Prayogi Alam Nugraha (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran)
Stephannie Zeta Joram (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran)
Nathasya Sekar Ayu Tresna Ngemas (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran)
Resqazan Ardyananda (Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Perekonomian suatu negara merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting bagi keberlangsungan kenegaraan dan masyarakat itu sendiri. Terlebih, kehadiran COVID-19 yang membutuhkan biaya yang sangat besar dalam penanganannya. Maka dari itu, permasalahan ekonomi pun muncul seiringan dengan membaiknya angka COVID-19  kini. G20 yang dibentuk dengan didasarkan oleh kepedulian terhadap keadaan ekonomi global, yang mana pada tahun 2022 ini Indonesia berkesempatan untuk menjadi tuan rumah dari pelaksanaan KTT G20. Kesempatan itu menjadi momentum bagi Indonesia untuk mempromosikan negara Indonesia sebagai upaya perbaikan ekonomi negara, salah satunya melalui media sosial Twitter. Penelitian ini akan mengkaji struktur jaringan sosial pengguna media sosial Twitter pada tagar #G20Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Social Network Analysis (SNA) dan teori graf, serta aplikasi Gephi dengan algoritma ForceAtlas dalam melakukan analisis jaringan sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur jaringan pada tagar #G20Indonesia memiliki pola komunikasi roda asimetris dengan bentuk relasi jaringan langsung. Ditemukan juga bahwa akun-akun pribadi justru mendominasi dan memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan dengan akun yang dikelola oleh lembaga termasuk G20 Indonesia sendiri dalam menggunakan tagar #G20Indonesia. Maka dari itu, penggunaan tagar #G20Indonesia sangat masif dalam menyebarkan informasi G20 melalui platform media sosial Twitter dengan aktor utama yakni berbagai akun pribadi yang populer.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mediakom

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Jurnal memuat artikel ilmiah hasil penelitian di bidang komunikasi secara luas, yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jurnal ini diterbitkan oleh Bagian Publikasi Universitas ...