ABSTRAK Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa dari seseorang yang mendapat kesan berdasarkan membandingkan hasil pelayanan kinerja dengan harapan- harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien rawat inap di Ruang Penyakit Dalam Wanita (RPDW). Jenis penelitian ini adalah analitik dengan menggunakan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang sedang rawat inap di Ruang Penyakit Dalam Wanita (RPDW) Rumah Sakit Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak selama 2 bulan terakhir jumlah sampel sebanyak 51, teknik sampel secara non accidental sampling. Data dianalisa secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, ada pengaruh mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap penyakit dalam wanita (RPDW) dengan p-value (Person Chi-Square) 0,000 (p≤0,05), ada pengaruh kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap penyakit dalam wanita (RPDW) dengan p-value (Person Chi-Square) 0,000 (p≤0,05) dan ada pengaruh fasilitas dengan kepuasan pasien rawat inap penyakit dalam wanita (RPDW) dengan p-value (Person Chi-Square) 0,000 (p≤0,05). Disarankan kepada RSUD Sultan Abdul Aziz Syah Peureulak untuk melakukan evaluasi terhadap fasilitas pelayanan rawat inap mengenai kebersihan, kebutuhan alat dan melakukan perbaikan kembali jika ada peralatan yang rusak dan tidak memadai serta mengupayakan penambahan fasilitas yang belum ada untuk memenuhi kebutuhan pasien akan sarana dan prasarana kesehatan di pelayanan rawat inap.
Copyrights © 2019