Instalasi Farmasi Rumah Sakit sebagai penyelenggara pelayanan farmasi harus mampu Memberikan pelayanan yang bermutu,yaitu dengan memenuhi kebutuhan dan kepuasan pasien sesuai standar yang berlaku.Makin sempurna kepuasan tersebut,makin baik pula mutu pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan farmasi dan fasilitas dengan kepuasan pasien rawat jalan diinstalasi farmasi BLUD RSUD Kota Langsa. Jenis penelitian ini bersifat analitic, dengan desain crosssectional, penelitian ini menggunakan variable independen yaitu mutu pelayanan farmasi dan fasilitas serta menggunakan variable idependen yaitu kepuasan pasien. Menggunakan data primer dengan jumlah sampel 97 responden dengan menggunakan teknik Accidental Sampling. Data dianalisa secara univariat dan bivariate dengan uji Chi- square disajikan dalam bentuk table distibusi frekuensi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dari 97 responden mayoritas tidak puas sebanyak 54 responden (55,7%). Ada hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan diInstalasi Farmasi BLUD RSUD Kota Langsa dengan p-value 0,000 (p<0,05) dana dan hubungan antara fasilitas dengan kepuasan pasien rawat jalan diInstalasi Farmasi BLUD RSUD Kota Langsa dengan p-value 0,000 (p<0,05).Kesimpulan penelitian ini bahwa mutu pelayanan dan fasilitas diInstalasi farmasi masih dalam kategori kurang baik. Disarankan untuk memberikan pelayanan yang bermutu sehingga dapat memberikan pelayanan yang memuaskan bagi pasien dan menambah kelengkapan fasilitas serta menjaga fasilitas agar tetap dalam keadaan baik untuk meningkatkan kepuasan pasien.
Copyrights © 2020