Kepuasan pasien adalah sebuah suasana batin yang seharusnya direbut oleh layanan kesehatan untuk memenangkan persaingan dalam konteks pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Bagi pelayanan kesehatan secara khusus rumah sakit, penurunan kepuasan akan dapat diikuti oleh penurunan loyalitas dan ini merupakan sebuah warning bagi rumah sakit. Pelayanan pendaftaran merupakan pintu gerbang utama dari sarana pelayanan kesehatan karena dari sinilah seorang pasien akan memberikan penilaian pertama terhadap pelayanan yang didapatnya dari sebuah sarana pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pelayanan Petugas Pendaftaran dan Fasilitas dengan Kepuasan Pasien BPJS di Ruang Pendaftaran RSUD dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh TimurTahun 2020. Penelitian ini menggunakan metode analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling,dengan sampel sebanyak 97 responden. Dari hasil penelitian ini dengan menggunakanuji statistic Chi-Square pada derajat kepercayaan 95% (α= 0,05) menunjukkan bahwa ada hubungan antara variabel pelayanan petugas (p = 0,000 ; >0,05), fasilitas (p = 0,000 ; >0,05dengan kepuasan pasien BPJS di ruang pendaftaran RSUD dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur Tahun 2020. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah ada hubungan antarapelayanan petugas dan fasilitasdengan kepuasan pasien BPJS di ruang pendaftaran RSUD dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur Tahun 2020. Diharapkan agar dapat menambah fasilitas yang lebih baik khususnya diruang pendaftaran.
Copyrights © 2020