Persepsi mempunyai peran yang sangat penting dalam menilai suatu kualitas pelayanan kesehatan, karena berdasarkan persepsi yang baik dari pasien terhadap mutu pelayanan di rumah sakit akan dapat mempengaruhi kepuasan pasien dan menimbulkan image yang positif kepada rumah sakit tersebut. Salah satunya persepsi pasien yang akan muncul dari apa yang dilihat mengenai sebuah kebijakan yang diaplikasikan dirumah sakit itu dapat membawa dalam persepsi baik atau kurang baik. Penelitian ini menggunakan Desain Survey Analitik dengan rancangan cross sectional study dimana variabel independen dan variabel dependen diperoleh pada waktu yang bersamaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang dirawat inap di ruangan penyakit dalam wanita pada saat penelitian. Jumlah populasi yang datang pada saat penelitian tidak diketahui. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 orang, teknik Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan kriteria pasien yang datang berkunjung selama melakukan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pengetahuan tentang batasan jam kunjung dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Penyakit dalam Wanita RSUD dr. Zubir Mahmud dengan p-value) 0,000 (p<0,05).Ada hubungan usia dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Penyakit dalam Wanita RSUD dr. Zubir Mahmud dengan p-value 0,004 (p<0,05). Ada hubungan pendidikan dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Penyakit dalam Wanita RSUD dr. Zubir Mahmud dengan p-value 0,000 (p<0,05).dengan p-value 0,000 (p<0,05). Kepada RSUD dr. Zubir Mahmud agar meningkatkan optimalisasi pelayanan kesehatan dan sebagai dasar dan tahap awal melakukan evaluasi secara berkala mengenai penilaian kepuasan pasien rawat inap tentang batasan jam kunjung pasien.
Copyrights © 2019