Rumah sakit merupakan suatu industri jasa kesehatan. Standar kecepatan pelayanan di rumah sakit khususnya di instalasi rawat jalan adalah waktu tunggu. Kategori jarak antara waktu tunggu dan waktu periksa yang diperkirakan bisa memuaskan atau kurang memuaskan pasien antara lain yaitu saat pasien datang mulai dari mendaftar ke loket, antri dan menunggu panggilan ke poli umum untuk di anamnesis dan diperiksa oleh dokter, perawat atau bidan lebih dari 90 menit (kategori lama), 30-60 menit (kategori sedang) dan ≤ 30 menit kategori cepat). Desain penelitian ini akan menggunakan jenis analytic dengan pendekatan cross sectional dimana variabel independen dan variabel dependen diteliti secara bersamaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di Ruang Pendaftaran RSUD Dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur saat penelitian berlangsung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Accidental Sampling. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan waktu tunggu dengan kepuasan pasien rawat jalan di Ruang Pendaftaran RSUD dr. Zubir Mahmud dengan p-value (Continuity Correction) 0,000 (p<0,05). Ada hubungan sikap petugas administrasi dengan kepuasan pasien rawat jalan di Ruang Pendaftaran RSUD dr. Zubir Mahmud dengan p-value (Continuity Correction) 0,000 (p<0,05).Saran bagi RSUD dr. Zubir Mahmud, agar petugas ruang pendaftaran harus melayani pasien tanpa memandang status sosial dan bertutur kata yang baik serta menanggapi keluhan pasien, memberikan informasi yang dibutuhkan pasien secara jelas dan menanyai kembali apakah pasien mengerti apa yang di jelaskan
Copyrights © 2019