Jurnal Kesmas Jambi
Vol. 6 No. 2 (2022): Vol. 6 - No. 2 - September 2022

Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Puskesmas Sungai Tutung Tahun 2022

Nia Riski Putri (Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKIK, Universitas Jambi, Jambi)
Guspianto Guspianto (Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKIK, Universitas Jambi, Jambi)
Hubaybah Hubaybah (Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, FKIK, Universitas Jambi, Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Pelayanan puskesmas yang berkualitas akan menciptakan kepuasan pasien yang mempenagaruhi pengambilan keputusan untuk loyalitas yaitu memanfaakan kembali/merekomenasikan pelayanan kepada orang lain di sekitarnya. Kegagalan dalam memahami pentingnya kualitas layanan dan kepuasan pasien akan mengundang kesempatan untuk kehilangan pasien, kepuasan pasien sendiri dipengaruhi oleh persepsi pasien tentang kualitas atau mutu jasa pelayanan. Tujuan penilitian untuk mengetahui pengaruh persepsi mutu pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di puskesmas sungai tutung  tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan survey cross sectional,  dengan sampel sebanyak 93 responden menggunakan teknik accidental sampling  dengan populasinya yaitu seluruh pasien yang berkunjung di Puskesmas Sungai Tutung pada tahun 2022. Gambaran karakersisik responden terbanyak berdasarkan umur adalah pada rentang 26-45 tahun 46,2%,  Jenis kelamin responden terbanyak  adalah perempuan 62,4%, pekerjaan responden terbanyak yaitu ibu rumah tangga 52,7%, dan pendidikan terakhir terbanyak SLTP/sederajat 46,2%. hasil penelitian menggunakan uji korelasi spearman  menunjukan bahwa ada pengaruh  bukti fisik p = 0,003 korelasi (r) 0,306, kehandalan p =0,000 korelasi (r ) 0,530, daya tanggap p= 0,000 (r ) 0,531, jaminan p= 0,000 korelasi ( r) 0,542, dan empati p= 0,000 korelasi (r) 0,519 dengan kepuasan pasien. Kesimpulan: semua variabel memiliki pangaruh terhadap kepuasan pasien dengan derajat hubungan korelasi lemah untuk variabel bukti fisik dan derajat hubungan korelasi sedang untuk variabel kehandalan, daya tanggap,jaminan,serta empati.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkmj

Publisher

Subject

Environmental Science Health Professions Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal kesmas Jambi (JKMJ) merupakan jurnal yang nantinya diterbitkan dua kali setahun, dengan topik keilmuan kesehatan masyarakat. Pengelola JKMJ adalah Prodi Kesmas FKM Universitas Jambi. Diharapkan dengan adanya JKMJ ini menjadi sarana publikasi keilmuan kesehatan masyarakat terbaik di Provinsi ...