Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen
Vol. 4 No. 3 (2022): Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen

PENGARUH WORD OF MOUTH DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGADAIKAN EMAS PADA GADAI MAS

Efendi, Junaidi (Unknown)
Maulana, Wahyu (Unknown)
Negara, Yudha Dewi Putra (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh word of mouthdan digital marketing terhadap keputusan nasabah menggadaikan emas pada Gadai MAS Unit Lenteng baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian merupakan seluruh nasabah Gadai MAS Unit Lenteng sedangkan sampel penelitian sebanyak 130 orang dengan menggunakan teknik sampling accidental dalam jangka waktu selama 1 (satu) bulan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji korelasi dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Word of mouth secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan gadai;(2) Digital marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan gadai; (3) Word of mouth dan digital marketing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan gadai; (4) Word of mouth adalah variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan gadai; (5) Nilai koefisien determinan dalam penelitian ini sebesar 0.494 atau 49,4%

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Bidang ilmu yang diterbitkan dalam jurnal ini adalah Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasional dan Manajemen ...