ABSTRACT This research is motivated by the low learning outcomes of SDN Ajung students because more theories or assignments are presented, and teachers only use the lecture method in teaching. This study uses a quantitative descriptive method and aims to determine the effect of image media (independent variable) on mathematics learning outcomes (bound variable). Data mining tools, namely Tests and documents processed by the regression formula. The research sample was 30 students from grades IV and V with a population of all students at SDN Ajung. The technique used in determining the sample in this study is purposive sampling where the sample is taken intentionally in accordance with the required sample. The results showed that the use of peer tutoring methods was fairly good based on the Paired Sample T-test hypothesis test with a 95% confidence level of Sig. 0.05, the result is that if the influence of image media is not implemented, the students' mathematics learning outcomes are 44.066. But if the picture media is implemented, the students' mathematics learning outcomes will increase by 0.483. It means that the influence of variable X on variable Y is that there is a strong or high influence. Based on the equation = 48.066 + 0.483X, the value of rcount is 0.459 and rtable at a significant level of 5% = 0.361 from N = 30. Then H0 is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is an influence of image media on mathematics learning outcomes at SDN Ajung, Balangan Regency, indicating that the hypothesis proposed in this study was significantly accepted. Keywords: Picture Media, Learning Outcomes, Mathematics. ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa SDN Ajung masih rendah karena teori atau penugasan lebih banyak disajikan, dan guru hanya menggunakan metode ceramah dalam mengajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar (variabel bebas) terhadap hasil belajar Matematika (variabel terikat). Alat penggali data yaitu Tes dan dokumen diolah dengan rumus regresi. Sampel penelitian sebanyak 30 siswa dari kelas IV dan V dengan Populasi seluruh siswa SDN Ajung. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling dimana sampel diambil secara sengaja sesuai dengan sampel yang diperlukan.  Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode tutor sebaya terbilang baik berdasarkan berdasarkan uji hipotesis Paired Sample T-test dengan taraf kepercayaan 95% Sig. 0, 05 diperoleh hasil bahwa jika pengaruh media gambar tidak dilaksanakan maka hasil belajar Matematika siswa sebesar 44,066. Tetapi jika media gambar dilaksanakan maka hasil belajar Matematika siswa akan meningkat sebesar 0,483. Berarti pengaruh variabel X terhadap variabel Y itu adalah  ada pengaruh yang kuat atau tinggi. Berdasarkan persamaan Ŷ= 48,066+ 0,483X, didapatkan harga rhitung 0,459 dan rtabel pada taraf signifikan 5% = 0,361 dari N = 30. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media gambar terhadap hasil belajar Matematika di SDN Ajung Kabupaten Balangan, menunjukkan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ternyata diterima secara signifikan. Kata kunci: Media Gambar, Hasil Belajar, Matematika. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022