El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 4 No 2 (2021): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

NOMOPHOBIA DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK (STUDI KASUS)

Gofur, Muhamad Abdul (Unknown)
Halimah, Siti Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nomophobia dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Anak di SDN Margahayu X Kota Bekasi. Metode penelitian yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu 54 orang siswa, 6 orang guru dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Milesdan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat 31 orang siswa yang mengalami nomophobia dengan kategori tinggi dan persentasenya 57%; 22 orang siswa yang mengalami nomophobia dengan kategori sedang dan persentasenya 41%; dan 1 orang yang tidak mengalami nomophobia dengan kategori rendah dan persentasenya 2%. Jadi, dapat dikatakan bahwa nomophobia berpengaruh terhadap motivasi belajar anak di SDN Margahayu X Kota Bekasi..

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ElBanar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian STAI Bani Saleh Kota Bekasi, terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal El Banar merupakan media diskusi ilmiah dalam bidang pendidikan dan ...