El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol 4 No 2 (2021): El Banar : Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA

Andriyansyah, Andriyansyah (Unknown)
Ningsih, Pitria Ningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan penerapan dan pelaksanaan pembelajaran IPA oleh guru dengan model Experiential Learning di SDIT Baiturrahman Bekasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah guru — guru kelas yang mengajar IPA kelas IV, V dan VI, serta beberapa sampel siswa kelas IV, V, dan VI. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan khususnya untuk guru IPA dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Sebaiknya guru menambah pengetahuan mengenai Model Experieltial Learning dan kreatifitas dalam mengajar dapat ditingkatkan lagi. Sehingga dapat memikat daya tarik siswa dalam belajar dan siswa merasa senang mengikuti pembelajaran serta tujuan pembelajaran IPA akan tercapai.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ElBanar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

El Banar: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian STAI Bani Saleh Kota Bekasi, terbit dua kali dalam setahun, Oktober dan April. Jurnal El Banar merupakan media diskusi ilmiah dalam bidang pendidikan dan ...