Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran. Pemanfaatan media seharusnya merupakan bagian yang harus mendapat perhatian guru sebagai fasilitator dalam setiap kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu tiap-tiap pendidik perlu mempelajari bagaimana menetapkan media pembelajaran agar dapat mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran guru di kelas IV SDN Kemiri tahunpelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar Negeri Kemiri, Kec.Janapria. Subyek penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswakelas IV. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah uji transferabilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) media pembelajaran yang digunakan oleh guru kelas IV dalam proses pembelajaran antara lain papan tulis, gambar, video, benda konkret, model/media bantuan, LCD, dan media cetak. Penggunaan media dalam proses pembelajaran antara lain, dasar pemilihan media, persiapan penggunaan media, dan pelaksaan penggunaan media. Dalam penggunaan media pembelajaran terdapat beberapa hambatan yang dialami anatara lain, keterbatasan media dan keterbatasan waktu. Respon siswa pada proses pembelajaran sangat baik siswa sangat tertarik saat belajar menggunakan media. Pemanfaatan media pembelajaran pada pembelajaran pada kelas IV SD Negeri Kemiri bila dirancang dengan baik merupakan media pembelajaran yang efektif, dapat memudahkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran, meningkatkan motivasi belajar siswa, mendukung pembelajaran individual sesuai kemampuan siswa,dan dapat digunakan sebagai penyampaian pesan langsung.
Copyrights © 2022