JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 5, No 2 (2022): JIMB - VOLUME 5 NOMOR 2 SEPTEMBER 2022

Analisis Strategi Bersaing Dan Strategi Bertahan Pada UMKM Di Kota Gorontalo Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus UMKM Zoellen Sagela)

Arista Adam (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Zainal Abidin Umar (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Idris Yanto Niode (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui dan menganalisis strategi bersaing pada UKM Zoellen Sagela pada masa pandemi Covid-19 dan 2) Untuk mengetahui dan menganalisis strategi bertahan pada UKM Zoellen Sagela pada masa pandemi Covid-19. Data-data yang dibutuhkan atau digunakan dalam penelitian ini adalah data-data tentang strategi bersaing dan strategi bertahan pada masa pandemi covid-19 yang didapatkan dari wawancara dengan pemilik usaha UMKM Zoellen Sagela. Pengambilan sampel yang dilakukan peneliti yaitu dengan non-probability sampling, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Alat analisis yang digunakan untuk strategi bersaing adalah dengan Teori Lima Kekuatan Persaingan dari Porter (1980). Sedangkan untuk menganalisis strategi bertahan pada usaha UMKM Zoellen Sagela digunakan strategi bertahan dari Fred R. David. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pendekatan metode Lima Kekuatan Persaingan dari Porter (1980), UMKM Zoellen Sagela mampu bersaing dengan harga, kualitas produk, promosi, dan distribusi produk. Sedangkan untuk strategi bertahan pada UMKM Zoellen Sagela yang dilakukan untuk dapat terus bertahan pada saat pandemi Covid-19 adalah dengan melakukan strategi penekanan biaya produksi serta mengurangi jumlah produksi produk.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...