Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi diversifikasi dan citrak merek berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keunggulan bersaing KFC Gorontalo. Penelitian ini melibatkan 84 orang responden, dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode survey dengan kuisioner sebagai instrument pengumpulan data. Data diuji dan analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diversifikasi tidak berpengaruh terhadap keunggulan bersaing KFC di Gorontalo. Diversifikasi dinilai hanya akan membuat perusahaan tidak fokus pada segmen bisnis bidang utamanya sehingga kinerjanya turun dibandingkan perusahaan yang tidak melakukan diversifikasi. Citra merek terbukti berpengaruh terhadap keunggulan bersaing KFC di Gorontalo. Ini dikarenakan sejak dulu, KFC memang sudah di-branding sebagai gerai dengan sajian ayam goreng yang lebih unggul disbanding pesaingnya. Sehingga untuk bisa bersaing di Gorontalo, KFC hanya perlu mengandalkan citra merek saja. Strategi diversifikasi dan citra merek mampu mempengaruhi keunggulan bersaing KFC di Gorontalo secara simultan, yang berarti variabel strategi diversifikasi hanya mampu memberikan dukungan jika dikombinasikan dengan citra merek. Dari kesimpulan tersebut, peneliti merekomendasikan untuk tetap mengupayakan diversifikasi dalam setiap produk KFC, tidak hanya di satu jenis produk saja. Sejatinya aspek ini dapat membentuk citra merek KFC sebagai gerai yang tidak hanya unggul pada sajian ayam goreng tetapi juga pada menu lainnya.
Copyrights © 2022