JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 5, No 2 (2022): JIMB - VOLUME 5 NOMOR 2 SEPTEMBER 2022

Pengaruh Strategi Diferensiasi Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian

Apniati Kiraman (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Zainal Abidin Umar (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Andi Juanna (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahhui apakah strategi diferensiasi produk dan persepsi harga berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian dabu-dabu roa “Om Pulu”. Penelitian ini melibatkan 96 orang responden, dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan metode survey dengan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Data diuji dan analisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi diferensiasi produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian dabu-dabu roa “om pulu”. Dimana dapat disimpulkan bahwa konsumen melakukan keputusan pembelian produk dabu-dabu roa “Om Pulu” ini berdasarkan manfaat yang mereka dapatkan baik dari segi bentuk, keistimewaan, kualitas dan juga daya tahan dari produk tersebut. Persepsi harga juga terbukti berpengaruh terhadap keputusan pembelian dabu-dabu roa “Om Pulu” hal ini dikarenakan bukan hanya dari segi rasa maupun kualitas yang baik namun juga harga yang sangat terjangkau bagi konsumen. Strategi diferensiasi produk dan persepsi harga mampu mempengaruhi keputusan pembelian dabu-dabu roa “Om Pulu”, yang berarti variabel strategi diferensiasi produk mampu memberikan dukungan jika dikombinasikan dengan harga. Dari kesimpulan tersebut, peneliti merekomendasikan untuk tetap mempertahankan serta meningkatkan strategi diferensiasi produk serta harga agar dapat memenangkan persaingan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...