JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 5, No 2 (2022): JIMB - VOLUME 5 NOMOR 2 SEPTEMBER 2022

Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Variabel Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening

Abdulrahman Putra Palilati (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Zainal Abidin Umar (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)
Idris Yanto Niode (Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen dengan variabel kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada IKM Tinelo Kab Gorontalo. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, kuisioner dan dokumentasi. Hasil analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analys). Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen di IKM Tinelo Kabupaten Gorontalo. (2) Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas konsumen di IKM Tinelo Kabupaten Gorontalo. (3) Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas konsumen di IKM Tinelo Kabupaten Gorontalo. (4) Kualitas produk yang dimediasi oleh kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen di IKM Tinelo Kabupaten Gorontalo. Sehingga variabel kepuasan konsumen mampu menjadi variabel intervening (mediasi) yang baik dalam meningkatkan pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...