Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 3c (2022): September

Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Pada Muatan Materi PPKN Siswa Kelas IV SD Negeri 8 Sokong Tahun Ajaran 2021/2022

Wahyu Sukma Siwi (Universitas Mataram)
Ahmad Hari Witono (Universitas Mataram)
Ilham Syahrul Jiwandono (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar PPKN siswa kelas IV di SDN 8 Sokong tahun ajaran 2021/2022. Jenis dan bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu dengan menggunakan quasi experimental design dan nonequivalent control group design. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Statistic Deskriptif yang mendeskripsikan keterlaksanaan sintaks pembelajaran. Dalam pengambilan data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus Kolmogorov Smirnov dengan taraf signifikan 5% (0,05) dan dilanjutkan dengan uji homogenitas selanjutnya hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan teknik independent samples t-test. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis pada taraf signifikan 5% dengan df = 44 diperoleh t-hitung = 2,325 sedangkan t-Tabel = 1,680, sehingga t-hitung = 2,325 ≥ t-Tabel = 1.680. Pada taraf signifikansi 0,05 sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis yaitu sig 2 tailed < 0,05 maka hipotesis alternativ (Ha) diterima sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak. Artinya ada pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar siswa pada muatan materi PPKN siswa kelas IV di SDN 8 Sokong tahun ajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...