Pandemi COVID-19 telah mendorong percepatan adopsi sistem digital dalam aktivitas berbelanja. Hal tersebut juga berdampak pada pola perilaku konsumtif masyarakat dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar yang potensial yang cukup baik untuk perusahaan-perusahaan penyedia e-commerce. Akibat dari pandemi Covid-19 adalah timbulnya perilaku pembelian secara impulsif. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor apa yang menjadi determinan tinggi dari perilaku pembelian impulsif online pada masa pandemi Covid-19 di marketplace. Selain itu, peneliti menganalisis produk yang paling banyak dibeli secara impulsif saat berbebelanja online di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan data primer. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuesioner secara online. Data dalam penelitian ini diolah menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian ini adalah paling banyak responden yang melakukan pembelian impulsif di marketplace Shopee, produk yang dibeli paling banyak adalah baju. Faktor tertinggi yang memengaruhi pembelian adalah harga murah. Korelasi tingkat kecenderungan pembeli yang impulsif dengan jumlah pembelian tidak terbukti. Kata Kunci: e-commerce, marketplace; pembelian impulsif; pandemi covid-19
Copyrights © 2022