JPPHK (Jurnal Pendidikan Politik, Hukum Dan Kewarganegaraan)
Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Politik, Hukum, dan Kewarganegaraan

PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PENINGKATAN MORAL PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK PASUNDAN 1 CIANJUR

Widianingsih, Widi (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2022

Abstract

 ABSTRAKMoral merupakan suatu tingkah laku manusia yang timbul dari pikiran dan perasaan berdasarkan aturan yang berlaku dalam masyarakat, sehingga moralmenjadi suatu aturan yang harus dilaksanakan serta ditaati oleh setiap orangdalam bersikap untuk kehidupan sehari hari. Namun saat ini kualitas moral padapeserta didik usia remaja mengalami penurunan sehingga menjadi masalah bagidunia pendidikan. Suatu masalah yang menjadi perhatian sekolah yaitu mengenaipelanggaran pada tata tertib di sekolah yang bertolak belakang dengan moral.Dengan demikian masalah moral ini menjadikan pentingnya pembelajaranPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk ditingkatkan di jenjangpendidikan sekolah. Dalam penelitian ini penulis merumuskan masalah yaitu bagaimanapengaruh pembelajaran PPKn terhadap peningkatan moral peserta didik kelas XIdi SMK Pasundan 1 Cianjur. Adapun tujuannya adalah ingin mengetahuipengaruh pembelajaran PPKn terhadap peningkatan moral peserta didik kelas XIdi SMK Pasundan 1 Cianjur. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikanpemahaman bahwa pembelajaran PPKn merupakan pembelajaran yang sangatpenting untuk mengatasi penurunan moral yang terjadi pada generasi mudaIndonesia ini. Hipotesis yang penulis ajukan pada penelitian ini adalah terdapatpengaruh positif dari pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraanterhadap peningkatan moral peserta didik. Metode penelitian yang dilakukandalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan teknikpengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Populasipenelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMK Pasundan 1 Cianjur yangberjumlah 500 peserta didik yang terdiri dari tiga belas kelas. Sampel pesertadidik diambil secara acak dari total populasi sebanyak 15% yaitu 75 orang pesertadidik. Berdasarkan hasil penelitian dari pengumpulan data dan pengolahan datadiantaranya yakni Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berpengaruh positif terhadap peningkatan moral peserta didik, pengaruh positiftersebut dapat dilihat dari meningkatnya pengetahuan moral, perasaan moral dantindakan moral peserta didik. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpphk

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

This jurnal explores the researchers in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education, and Law Enformcement. We are also interested in scholarship that crosses ...