ABSTRAKSuatu kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model portofolio sebagai salah satu bentuk program pendidikan. Mendorong siswa untuk memilikipengalaman belajar secara langsung dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Di masa pandemi Covid-19, kegiatan belajar menjadi online.Adapun tingkat keberhasilan siswa diperlukan sebuah tes yaitu tes awal yangdisebut dengan tes formatif maupun tes akhir yang disebut dengan tes sumatif.Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan representasi dari konstruksi bangsa untuk menciptakan warga negara yangcerdas dan bermartabat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran portofolio secara daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas XI di SMA Pasundan 1 Cianjur. Penelitianini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasipenelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI yang berjumlah 86 orang. Adapunsampel penelitian dilakukan secara keseluruhan dengan jumlah 86 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis memperoleh hasil penelitian sebagaiberikut: model pembelajaran portofolio secara daring sebagai pembelajaran siswaaktif dapat memberi pengaruh positif terhadap nilai ulangan harian dan nilaiulangan semester siswa. Dan pembelajaran portofolio sebagai pembelajaranpartisipatorik memberikan pengaruh positif terhadap nilai ulangan harian dan nilai ulangan semester siswa.
Copyrights © 2022