Gaya belajar adalah cara dominan yang konsisten dilakukan peserta didik dalam menyerap dan mengelola informasi atau ilmu pengetahuan. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya belajar didik berprestasi pada jurusan otomatisasi dan tata kelola perkantoran di SMK Negeri 1 Makassar. Selanjutnya populasi dalam penelitian ini yaitu Peserta Didik Berprestasi Pada Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Makassar peringkat 1-10. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang disajikan melalui tabel frekuensi dan olah data melalui teknik perhitungan skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar peserta didik berprestasi pada Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Makassar kelas XI dan XII memperoleh gaya belajar visual sebesar 81,5%. Siswa dengan gaya belajar auditorial sebesar 79,17%. Sedangkan siswa dengan gaya belajar kinestesis sebesar 69,8 %. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa gaya belajar peserta didik berprestasi pada Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Makassar dominan menggunakan gaya belajar visual, adapun hal yang dapat membedakan penelitian ini dan penelitian terdahulu terletak pada jenis penelitian yang digunakan dan lokus penelitian.
Copyrights © 2022