Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Vol 7, No 2 (2022): Oktober

Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Siswa pada Materi Laju Reaksi

Rizky Fadilah Pane (Universitas Negeri Medan)
Gulmah Sugiharti (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa, perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan bahan ajar berbasis masalah dan bahan ajar yang ditangani siswa serta respon siswa terhadap bahan ajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kejuruan Muda, dan sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling sebanyak dua kelas, kelas eksperimen yang diajar dengan bahan ajar berbasis masalah dan kelas kontrol yang diajar dengan bahan ajar berbasis masalah. diajarkan menggunakan buku pegangan siswa. Hasil analisis data berdistribusi normal dan homogen. Lebih-lebih lagi, uji t (sisi kanan) dilakukan untuk mengetahui pengaruh model dan bahan ajar terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada taraf signifikansi 0,05 dan uji n-gain untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa hasil. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bahan ajar berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan bahan ajar berbasis masalah dan bahan ajar yang ditangani siswa. sedangkan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis masalah memiliki persentase sebesar 76,04% dan dikategorikan baik. Kata Kunci: Bahan Ajar, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, PBL.Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi siswa, perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan bahan ajar berbasis masalah dan bahan ajar pegangan siswa serta respon peserta didik terhadap bahan ajar. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kejuruan Muda, dan sampel diambil menggunakan teknik Cluster Random Samplingsebanyak dua kelas, kelas eksperimen yang diajar menggunakan bahan ajar berbasis masalah dan kelas kontrol yang diajar menggunakan buku pegangan siswa. Hasil analisis data berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji-t (pihak kanan) untuk mengetahui pengaruh model dan bahan terhadap hasil belajar dan motivasi pada taraf signifikansi 0,05 dan dilakukakn uji n-gainuntuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bahan ajar berbasis masalah terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa, terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan bahan ajar berbasis masalah dan bahan ajar pegangan sedangkan respon siswa terhadap bahan ajar memiliki persentase 76, 04% dan dikategorikan baik.Kata Kunci:  Bahan Ajar, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, PBL.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 ...