Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran
Vol 7, No 2 (2022): Oktober

ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN KARET 1

Siti Nur Faziah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Dilla Fadhillah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Sumiyani Sumiyani (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan: 1) keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN Karet 1. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN Karet 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN Karet 1. Dalam penelitian ini, teknik yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN Karet 1 masih dalam katagori kurang dikarenakan siswa sulit menyampaikan kembali secara lisan mengenai cerita yang sudah diketahui sebelumnya. 2) faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas IV di SDN Karet 1 meliputi: faktor kebahasaan dan faktor nonkebahasaan, faktor kebahasaan yaitu pelafalan, intonasi, diksi (pilihan kata), ketepatan sasaran pembicaraan. Sedangkan faktor nonkebahasaan yaitu sikap dan mental, pandangan mata, gerak mimic (gerak gerik), dan relevansi (penalaran).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran is scientific journal published by Program Studi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA). It has been published since 2016 with ISSN: 2656-1417 ...