Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Vol 2 No 7 (2022): JPTI - Juli 2022

Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa dengan Cognitive Behaviour Therapy

Keksi Swasti (Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia)
Wahyu Ekowati (Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia)
Eva Rahayu (Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia)
Wahyudi Mulyaningrat (Jurusan Keperawatan, Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Tidak semua mahasiswa mampu menjalani proses perkuliahan dengan baik dan memperoleh prestasi akademik sesuai harapan. Sebagian mahasiswa memiliki IP yang rendah walaupun sudah belajar lebih giat. Sehingga mahasiswa merasa kecewa mahasiswa yang beranjut pada munculnya distorsi kognitif dan perilaku maladaptif. Mahasiswa perlu dibantu untuk mengatasi kondisi tersebut, salah satu caranya adalah dengan melakukan cognitive behaviour therapy (CBT). CBT merupakan psikoterapi yang efektif mengatasi beberapa masalah psikologis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh cognitive behaviour therapy terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment, pre and posttest without control group design. Sampel dipilih secara purposive sampling. Penelitian dilakukan pada bulan Maret – Agustus 2018. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan kriteria mahasiswa aktif yang memiliki IPK <2,75, mengalami distorsi kognitif, dan bersedia menjadi responden. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji dependent t-test. Hasil uji bivariat diperoleh nilai p= 0,084 untuk nilai IP semester dan nilai p=0,048 untuk nilai IPK. Kesimpulannya adalah CBT berpengaruh terhadap perubahan IPK mahasiswa, namun tidak berpengaruh terhadap perubahan nilai IP. Diperlukan sesi lebih panjang untuk dapat mempertahankan perilaku tetap adaptif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Engineering

Description

Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia (JPTI) merupakan Jurnal Ilmiah Nasional yang menerbitkan artikel hasil penelitian dan gagasan ilmiah* dari Dosen, Peneliti, Praktisi, dan Guru dari seluruh Indonesia dan Mancanegara. JPTI memiliki fokus dan ruang lingkup yang terdiri dari 1. Lingkup ...