Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness)
Vol. 10 No. 2 (2022): Desember 2022 (Jurnal Agribisnis Indonesia)

Celebrity Endorsement Produk Hortikultura Online pada Era Digital di PT. Tani Hub Indonesia

Miluniqa Yasmin Mirfazli (Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran)
Agriani Hermita Sadeli (Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran)
Lucyana Trimo (Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran)
Iwan Setiawan (Departemen Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Mengembangkan usaha di era digital ini berkaitan dengan perubahan perilaku dan pola belanja masyarakat yang biasanya berbelanja secara offline menjadi online. Dengan perkembangan digital, konsumen mampu melakukan kegiatan belanja di e-commerce­ yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Kegiatan pemasaran pun kian berkembang, salah satunya adalah strategi pemasaran Celebrity Endorsement yang saat ini sedang banyak dilakukan pengusaha. Dengan mengandalkan popularitas selebriti, produk yang dijual dapat menjangkau konsumen di luar kota maupun luar negri. Celebrity Endorsement ini biasa diterapkan pada produk kecantikan atau fashion, tetapi salah satu e-commerce agribisnis yang menjual produk hortikultura menggunakan strategi ini, yaitu Tani Hub. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui bagaimana selebriti dapat mempengaruhi keinginan membeli konsumen terhadap produk hortikultura yang dijual secara online oleh e-commerce agribisnis Tani Hub, kemudian faktor apa yang paling mempengaruhinya serta bagaimana peran selebriti ini terhadap media sosial Tani Hub. Metode penelitian ini kuantitatif dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data PLS-SEM. Responden penelitian sebanyak 100 yang berasal dari followers Instagram Tani Hub. Teknik penentuan responden menggunakan teknik non probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan hanya satu variabel yang berpengaruh secara signifikan yaitu Attractiveness yang menjadi faktor yang paling berpengaruh. Variabel sisanya yaitu Truthwthiness, Expertise dan Celebrity Match-Up tidak berpengaruh signifikan. Peran terbesar selebriti adalah dengan meningkatkan followers pada media sosial Tani Hub.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jagbi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Indonesian Agribusiness is a periodical scientific journals of agribusiness in Indonesia. This journal is media of information dissemination which is the thinking results and research of lecturers, researchers and practitioners who are interested in agribusiness development. This journal ...