REMIK : Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer
Vol. 6 No. 4 (2022): Volume 6 No 4 Oktober 2022

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Hologram 3D

Al Imran (Univeritas Negeri Makassar)
Muliaty Yantahin (Universitas Negeri Makassar)
Mustamin Mustamin (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Reza Iswanto Iswanto (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Pembelajaran Berbasis Video Hologram 3D yang dipadukan dengan piramida terbalik dan smartphone yang diharapkan dapat memudahkan siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Marioriawa untuk dapat menyerap materi yang diajarkan dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Hannafin dan Peck. Model pengembangan ini terdiri dari beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan (need assessment), fase perancangan (design phase) serta fase pengembangan dan implementasi (development and implementation phase). Hasil penelitian ini berupa suatu media pembelajaran berbasis video hologram 3D yang dapat digunakan dalam kelas maupun luar kelas. Video pembelajaran yang dibuat dari media ini dapat disimpan dalam sebuah drive atau penyimpanan cloud sehingga dapat diakses di manapun dan kapanpun. Hasil penilaian kualitas media pembelajaran ini oleh ahli media yang meliputi unsur tampilan, bahasa, efektifitas dan keandalan berada pada kategori sangat layak, dan hasil penilaian guru dan siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat praktis untuk digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

remik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

REMIK adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Ganesha Medan yang bertujuan untuk mewadahi penelitian di bidang Manajemen Informatika. REMIK adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis ...