Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia
Vol 2 No 6 (2022): JPMI - Desember 2022

Edukasi Siswa MI Hidayatul Insan Karanganyar Melalui Pembelajaran Muatan Lokal Peternakan

Sri Mayasari (Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia)
Andika Fitroh (Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia)
Nancy Oktyajati (Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia)
Sri Purwati (Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia)
Srie Juli Rachmawatie (Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia)
Wahdirotul Kodir (Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2022

Abstract

Pendidikan usia sekolah dasar merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas dan mencetak generasi kehidupan bangsa melalui pembelajaran yang diberikan oleh para guru serta praktisi terkait yang menjadi peran dalam memberikan pembelajaran sebagai menjadi acuan siswa dalam belajar sehari-hari di lingkungan sekolah. Permasalahan yang ada di lingkungan pendidikan masa sekolah dasar adalah kurangnya pembelajaran mengenai sumber daya yang dimiliki masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, dalam hal ini adalah kebutuhan pangan. Kehidupan manusia tidak lepas dari kebutuhan pokok sebagai kebutuhan utama dalam pemenuhan sumber gizi, sumber utama dalam pemenuhan gizi didapat dari daging ternak seperti daging ayam, daging sapi, telur, dan susu. Anak-anak tentunya memerlukan kebutuhan gizi yang cukup dalam masa pertumbuhannya, dimana pertumbuhan tersebut haruslah ditunjang dari kebutuhan gizi yang sangat baik, oleh karena itu sangat penting bagi anak-anak mendapatkan pembekalan terkait dunia peternakan sebagai sumber daya lokal yang melimpah dan harus dikembangkan. Kurikulum peternakan diberian kepada siswa MI Hidayatul Insan bertujuan agar generasi muda sedari dini dapat berperan dalam mengelola atau mengembangkan sumber daya peternakan Indonesia.  Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode fun learning kepada siswa serta materi yang diberikan berupa pengenalan ternak-ternak yang digunakan dalam memenuhi kebutuhan protein hewani bagi kehidupan manusia. Hasil dari pelaksanaan pengabdian ini adalah menambah kurikulum di MI AL Hidayatul Insan sebagai muatan lokal pembelajaran kepada anak-anak didik, selain itu sebagai media bagai para guru dalam mengenalkan dan meningkatkan rasa kepedulian anak-anak dalam mengembangkan taraf kehidupan dengan melestarian sumber daya lokal yang dimiliki Negara Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. JPMI terbit dua bulan sekali, yaitu ...