Keterampilan literasi sains penting untuk dimiliki mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengambil keputusan guna menyelesaikan persoalan yang terjadi di lingkungan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan instrument literasi sains sehingga mahasiswa dapat menerapkan pengetahuan sains yang dimiliki pada permasalahan yang terjadi dalam kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument literasi sains pada tema yuk makan talas beneng dengan melihat tingkat validitas, tingkat kesukaran soal, reliabilitas serta daya pembeda butir soal. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Reseacrh & Development). Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa IPA angkatan 2020 yang mengampu mata kuliah IPA 1 dengan jumlah 10 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data bahwa tingkat reliabilitas soal tinggi dengan koefisien 0,77, terdapat 7 butir soal dinyatakan valid sementara 3 lainnya direvisi dan terdapat 50% soal dengan kriteria tingkat kesukaran sedang dan 70% soal dengan daya pembeda baik. Dengan demikian instrument tes yang dikembangkan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains mahasiswa IPA.
Copyrights © 2022