Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
Vol 10, No 2 (2022): September

Pengukuran kepuasan layanan pendidikan menggunakan pendekatan HEISQUAL dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan tinggi

Abd. Rohim Asnawi (Universitas Negeri Malang)
Achmad Supriyanto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2022

Abstract

Pengukuran pelayanan di Perguruan Tinggi memerlukan indikator khusus, sedangkan indikator yang ada belum menggambarkan kualitas pelayanan secara spesifik di Perguruan Tinggi. Maka dari itu telah dikembangkan HEISQUAL yang dirancang khusus untuk mengukur SQ dalam lembaga pendidikan tinggi. Instrumen HEISQUAL terbagi menjadi tujuh tema SQ, yaitu profil guru, kurikulum, infrastruktur dan fasilitas, manajemen dan staf pendukung, kualitas pekerjaan, keselamatan dan keamanan, dan siswa. pengembangan keterampilan. Tujuan penelitian ini untuk mengukur kualitas layanan di program studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang serta mengidentifikasi faktor-faktor yang membentuk kualitas pelayanan yang baik di program studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan survey terhadap mahasiswa program studi Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang. Nilai kepuasan mahasiswa pada Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang kategori baik yaitu dengan nilai 79,01. Nilai per faktor HEISQUAL mempunyai skor yang cukup tinggi. Enam faktor mempunyai nilai Baik dan satu indikator yaitu kualitas ketenagakerjaan mempunyai nilai kurang baik dan tidak ada indikator yang mempunyai nilai sangat baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jamp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan publishes and disseminates research results in the field of educational administration/management, consisting of: - educational leadership - educational policy and planning - educational economics - educational ...