Lombok Journal of Science
Vol 4 No 2 (2022): Lombok Journal of Science

Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Jigsaw

Rio Satriyantara (Universitas Nahdlatul Wathan Mataram)
Zarkasi Zarkasi (Universitas Nahdlatul Wathan Mataram)
Rismayatun Ainun (Universitas Nahdlatul Wathan Mataram)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Dalam penelitian ini dibahas tentang Metode Jigsaw yang mampu meningkatkan hasil belajar.Hasil belajar yang selalu di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) Kelas XI MIA 4 selamatiga tahun ke belakang menjadi latar belakang penulisan ini. Metode Jigsaw adalah suatumetode pembelajaran yang menekankan siswa atau mahasiswa untuk aktif dalam memahamimateri. Metode Jigsaw ini didesain berkelompok yang terdiri atas Kelompok Asal dan KelompokAhli. Kelompok Ahli adalah beberapa siswa dengan kemampuan lebih. Mereka diberikan materiterlebih dahulu kemudian kembali ke Kelompok Asal untuk mendiskusikan materi tersebut.Dalam penelitian ini, Metode Jigsaw (yang dilakukan dalam tiga tahap) mampu meningkatkanhasil belajar siswa. Tahap 1, diperoleh nilai ketuntasan belajar sebesar 80,5% dimana rata-ratakelas sebesar 82,8. Beberapa siswa masih berada dalam tahap adaptasi dengan metode baruini. Tahap 2 dihasilkan ketuntasan belajar 86,5% dengan rata-rata kelas 86,6. Siswa sudahmulai memahami metode baru. Penelitian dapat dikatakan berhasil. Tahap 3 dihasilkanketuntasan belajar sebesar 93,3% dan rata-rata kelas senilai 90,2. Berdasarkan hasil penelitiandan indikator keberhasilan, penelitian ini dikatakan terbukti dan sukses. Metode Jigsaw mampumeningkatkan hasil belajar siswa Kelas XI MIA 4 pada Mata Pelajaran Matematika MateriMatriks.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mathscience

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology

Description

Lombok Journal of Science (LJS) published a scientific paper on the results of the study and review of the literature in: Biology, Pharmacy, Chemistry, Physics, Mathematics, Food and Agriculture, Sustainable Development, Environmental Science, Tourism and Hospitality, Fisheries Science, Education, ...