Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Vol 6 No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi

PENERAPAN METODE FERNALD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK KESULITAN MEMBACA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 MAUARA CIUJUNG BARAT

Habib Cahyono (STKIP Setia Budhi)
Dine Trio Ratnasari (STKIP Setia Budhi)
Siti Rumyati (STKIP Setia Budhi)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

Permasalahan yang ditemukan yaitu : kesulitan anak membaca pada siswa kelas IV SD khusunya pada materi kegemaranku B. Indonesia tidak mampu memahami simbol bunyi, kesulitan membedakan huruf, tidak lancar dalam membaca, kurangnya memori visual dan banyak kesalahan ketika membaca. Tujuan dari peneliti yaitu untuk meningkatkan siswa agar membaca dengan baik dan benar dengan menggunakan metode fernald. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. AnĂ¡lisis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Pengumpula data ini menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 37,3 dengan persentase belajar klasikal 14%. Dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 61,3, dengan persentase 80%. Ditinjau dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode fernald dapat meningktkan kesulitan membaca pada anak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpds

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi digagas untuk memberi wadah publikasi bagi dosen, guru, peneliti dan praktisi Pendidikan Dasar yang bertujuan untuk menampung gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil penelitian pada sekolah ...