AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Muhammad Basuni Imran di bidang pendidikan, keagamaan, politik, dan sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, mengidentifikasi wacana dari buku-buku, makalah atau artikel, majalah, jurnal, koran, website (internet) dan sumber lain yang mempunyai keterkaitan dengan kajian. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pemikiran Muhammad Basuni Imran di bidang pendidikan adalah melakukan memodernisasi kurikulum, mendirikan sekolah Tarbiyatul Islam, memperkenalkan sistem pendidikan ko-edukasi, memperkenalkan manajemen pendidikan berbasis admistrasi, dan memberikan 2 kriteria seorang pendidik yaitu syarat moral dan syarat profesional. Pemikiran Muhammad Basuni Imran di bidang keagamaan adalah bidang teologi sangat jelas menganut teologi Asy’ariyah, bidang hukum fikih bisa dikatakan masih di dalam koridor bermazhab yaitu dalam lingkungan empat mazhab yang diakui sebagai Ahl Sunnah wal al-Jamaah, khususnya lagi mazhab Syafi’iyah, dan tipologi pemikiran beliau dalam bidang tafsir al-Qur`an adalah lebih bersifat tradisional-skriptual. Pemikiran Muhammad Basuni Imran di bidang Politik adalah melakukan reformasi birokrasi lembaga keimaman, bersikap kooperatif dan jalur kerjasama dalam pengelolaan pemerintahan, Mendorong Gerakan Nasionalis, dan Mendukung Partai Politik Islam dan anti PKI. Pemikiran Muhammad Basuni Imran di bidang Sosial adalah mendirikan yayasan dan penerbitan kitab.Kata kunci: muhammad basuni imran, pemikiran-pemikiran
Copyrights © 2022