Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunakan data berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui minat belajar daring siswa di SD Negeri 10 Pontianak Timur, mengetahui prestasi belajar siswa di SD Negeri 10 Pontianak Timur, mengidentifikasi hubungan minat belajar daring dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri 10 Pontianak Timur. Rumusan masalah yang berkaitan dengan masalah ini bagaimana minat belajar daring siswa di SD Negeri 10 Pontianak Timur, bagaimana prestasi belajar siswa di SD Negeri 10 Pontianak Timur, apakah ada hubungan yang positif antara minat belajar daring dengan prestasi belajar siswa di SD Negeri 10 Pontianak Timur. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sebagai berikut: Minat belajar daring responden 57 siswa dengan jumlah yang diperoleh sebesar 4.228 dengan rata-rata 74,17 dapat dikategorikan baik. Prestasi belajar dari 57 siswa sebesar 4.900 dengan rata-rata skor 85,96 dapat dikategorikan sangat baik. Ada hubungan yang positif antara minat belajar daring dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Agama Islam pada siswa kelas V SD Negeri 10 Pontianak Timur. Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus koefisien korelasi product moment dengan nilai sebesar 0,6326 lebih besar dari sebesar 0,261 yang masuk dalam kategori kuat serta dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. membandingkan antara dengan pada taraf signifikansi 5%. Dari data diatas dapat diketahui bahwa = 6,0577 sedangka = 1,6730 Setelah dibandingkan bahwa > sehingga dapat diketahui ada hubungan yang signifikansi antara minat belajar daring dan prestasi belajar siswa mata pelajaran Agama Islam pada siswa kelas V SD Negeri 10 Pontianak Timur. Kata Kunci: Minat Belajar, Daring, Prestasi Belajar Siswa
Copyrights © 2021