Shaut Al-'Arabiyah
Vol 10 No 2 (2022): JURNAL SHAUT AL-'ARABIYAH

Problematika Mahasiswa Asing pada Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Indonesia

Rachmad Ramadhan (Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang)
Muassomah (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk memetakan problematika internal dan external mahasiswa Thailand dalam pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yangmana peneliti berusaha mengungkap data-data dan menyajikannya dalam bentuk deskriptif yang berupa kata-kata maupun ungkapan fakta maupun fenomena yang diamati. Dalam penelitian ini peneliti berusaha mengungkap data mengenai problematika yang dihadapi mahasiswa asing dalam mempelajari bahasa Arab baik dari segi pembelajaran maupun proses pemerolehan bahasa Arab. Adapun hasil temuan dari penelitian ini adalah factor internal yang menjadi pokok problematika yang dihadapi oleh mahasiswa Thailand yang mempeajari bahasa Arab terbagi menjadi tiga pokok yaitu: (1) pembendaharaan kosa kata bahasa Arab yang terbatas menjadi permasalah mahasiswa asal Thailand dalam memahami penjelasan dosen, (2) kurangnya pembelajaran bahasa Arab dasar mahasiswa Thailand, (3) malu dan takut bertanya ke dosen dan teman sejawat. Adapun problematika external yang dihadapi mahasiswa Thailand yang mempelajari bahasa Arab di IAIN Kendari dapat terbagi menjadi tiga pokok problematika yaitu: (1) kurangnya beberapa pengajaran bahasa Arab di kampus untuk dijadikan dasar pelajaran bahasa Arab untuk pemula, (2) sulit memahami buku ajar bahasa arab yang dibeli sendiri, sehingga minat dan motivasi belajar berangsur-angsur berkurang, (3) lingkungan yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa komunikasi sehingga jarang sekali mendengar dan menggunakan bahasa Arab dalam berkomunikasi di lingkungan tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Shautul-Arabiyah

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Shaut Al-'Arabiyah published twice a year since 2013 (June and December), is a multilingual (Bahasa, Arabic, and English), peer-reviewed journal, and specializes in Arabic Education, Hadits, and Other Arabic Studies. This journal is published by the Arabic Education Department, Faculty of ...