Jurnal Pangan dan Agroindustri
Vol. 10 No. 4: October 2022

ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN SUSU PASTEURISASI PULSED ELECTRIC FIELD “MILKAYA” DI CV MILKINESIA NUSANTARA

Faiz Ramadhani (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Ratna Yulistiani (Universitas Brawijaya)
Anugerah Dany Priyanto (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Teti Estiasih (Universitas Brawijaya)
Angky Wahyu Putranto (Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2022

Abstract

Ponorogo menjadi satu dari 38 daerah terbesar yang menghasilkan susu di Jawa Timur, namun konsumsi olahan susu sapi masih kurang. Mengetahui preferensi konsumen dan menetapkan atribut yang paling diperhatikan berdasarkan persepsi konsumen terhadap produk susu pasteurisasi menggunakan teknologi Pulsed Electric Field (PEF) “Milkaya” hasil produksi CV Milkinesia Nusantara adalah tujuan dari riset ini. Atribut produk yang dipakai adalah varian rasa, kemasan, harga, dan lokasi pembelian. Lokasi ditentukan dengan menggunakan purposive sampling yakni secara sengaja dan sampel responden dengan nonprobability sampling dengan 100 responden rentang usia 7-12 tahun. Analisis data menggunakan metode deskriptif untuk karakteristik responden, uji validitas, reliabilitas, dan analisis preferensi dengan metode konjoint. Preferensi konsumen susu pasteurisasi PEF “Milkaya” yaitu, varian rasa coklat, kemasan bantal, harga jual 4000, dan lokasi pembelian di outlet Milkaya. Urutan atribut yang digunakan konsumen sebagai pertimbangan utama adalah varian rasa, lokasi pembelian, harga, dan model kemasan.

Copyrights © 2022