Renjana Pendidikan Dasar
Vol 2 No 3 (2022): Edisi Agustus 2022

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 METUK

Cahya Aryana Dewi (Pendidikan Profesi Guru, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ika Candra Sayekti (Pendidikan Profesi Guru, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Siti Khanifah (Pendidikan Profesi Guru, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Metuk semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Desain penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam 3 (tiga) siklus dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Metuk semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022 berjumlah 38 siswa. Disimpulkan, melalui Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 1 Metuk semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...