JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 3 No 1 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal

Penguatan Karakter Toleransi Sosial pada Siswa SMP Negeri 2 Sukodono melalui Pembelajaran PPKn Berbasis Video

Atik Wulidatus Silsi (Unknown)
Akhmad Qomaru Zaman (Unknown)
Bernadetta Budi Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penguatan toleransi sosial yang dibentuk sekolah melalui pembelajaran PKn berbasis video. 2) Untuk mengetahui strategi pelaksanaan pembelajaran PKn berbasis video di SMP Negeri 2 Sukodono. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat menyatakan bahwa siswa di SMP Sukodono masih perlu penguatan karakter toleransi sosial. Penguatan karakter toleransi sosial yang dilakukan sekolah adalah dengan membuat buku referensi siswa, jurnal siswa dengan tujuan untuk membangun sikap toleran terutama dalam menanamkan nilai-nilai seperti demokrasi, toleransi dan menghargai perbedaan. Peran guru dalam hal ini adalah memberikan penguatan karakter toleransi melalui pembelajaran PKn. Pembelajaran PKn dapat dilakukan melalui kegiatan pembiasaan yang dibimbing dengan menggunakan media berbasis video.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...