JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 3 No 2 (2022): Jurnal Edukasi Nonformal

Metode Analisis Framing dalam Media Sosial

Kartini Kartini (Unknown)
Rizki Mahyani Br Hasibuan (Unknown)
Nur Syahadah Sinaga (Unknown)
Awaliyah Rahmadina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Analisis framing adalah versi terbaru dari pendekatan analisis wacana, terutama untuk menganalisis teks media. Analisis framing sebagai metode analisis isi media, tergolong versi baru. Ini berkembang bersamaan dengan pandangan para konstruktor. Paradigma ini memiliki posisi dan pandangan terhadap media. Berita dalam pandangan konstruksi sosial, bukanlah suatu peristiwa atau fakta dalam suatu arti sebenarnya. Di sini realitas tidak hanya diterima begitu saja sebagai berita. Ini adalah produk interaksi antara jurnalis dan fakta. Dalam proses internalisasi wartawan terbentur realitas. Realitas diamati oleh wartawan dan diserap dalam kesadaran wartawan. Dalam proses eksternalisasi, jurnalis menceburkan diri ke dalam realitas yang bermakna. Konsepsi fakta adalah diekspresikan untuk melihat kenyataan. Hasil dari berita tersebut adalah produk dari proses interaksi dan dialektika. Ada dua aspek untuk membingkai itu, Pertama; memilih fakta, kedua; menuliskan fakta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...