JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 8 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Penerapan Reward Asyik dalam Meningkatkan Minat Baca melalui Permainan Tebak Huruf di Paud Uma Kandung Tambarangan

Feka, Frida (Unknown)
Watini, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2022

Abstract

Penelitian dilakukan untuk meningkatkan minat baca anak. Permainan tebak huruf di pilih karena permainan ini ketika digunakan, ada peningkatan dalam mengenal huruf yang berpengaruh dalam meningkatkan minat baca anak. Permainan tebak huruf ini di dukung dengan reward asyik, di mana ketika anak dapat menebak huruf yang di tunjukkan oleh pendidik, anak akan di beri reward asyik oleh pendidik bersama teman lainnya. Pemberian reward asyik ini, membuat anak antusias dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini sangat menyenangkan bagi anak, karena meningkatkan minta belajar anak. Terutama dalam penelitian ini minat baca anak. Dalam penelitian tentang penggunaan reward asyik ini, di lakukan dengan 2 siklus di mana tiap siklus ada 2 kali pertemuan. Ada beberapa tahap yang di lakukan dalam penerapan reward asyik ini yaitu: (1) Tahap perencanaan; (2) Tahap pelaksanaan; (3) Tahap pengamatan; (4) Tahap refleksi. Setelah melalui tahapan-tahapan ini, terjadi peningkatan minat baca anak yang sangat baik. Model bermain reward asyik ini, membawa dampak yang baik dalam kegiatan pembelajaran di lebaga Paud Uma Kandung Tambarangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...