JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 9 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengembangan Model Pembelajaran Proyek Berbasis Lingkungan (Proling) untuk Keterampilan Vokasional

Khamdun (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis Research dan Development (R&D) yaitu penelitian yang bertujuan merancang dan mengembangkan suatu model atau produk baru, yaitu model pembelajaran Proyek berbasis Lingkungan (Proling) untuk keterampilan vokasional, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi mengukur keaktifan untuk meningkatkan keterampilan vokasional siswa siswa SMK di Kudus, angket untuk mengukur respon siswa serta validasi model dan perangkat, tes untuk mengukur hasil belajar siswa, dokumentasi untuk memperoleh data kondisi awal. Penelitian pengembangan model pembelajaran ini dilakukan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Kudus. Sampel penelitian diambil menggunakan metode cluster random sampling sebanyak empat sekolah menengah kejuruan dari semua sekolah menengah kejuruan yang ada di Kabupaten Kudus. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data wawancara, analisis statistik deskriptif untuk menganalisis distribusi frekuensi hasil kuesioner dan uji t untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran. Hasil penelitian didapatkan, kondisi awal pembelajaran IPA yang dilakukan di SMK Kabupaten Kudus didapatkan fakta guru IPA di SMK Kabupaten Kudus masih mengajar dengan cara yang sama yaitu dengan paradigma theoretical science.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...