JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 10 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

Sianturi, Mia Agustine C. (Unknown)
Manalu, Andriono (Unknown)
Silaban, Bajongga (Unknown)
Sihotang, Puspita Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together terhadap hasil belajar peserta didik . Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Bilah Hulu. Penarikan sampel penelitian dilakukan secara non random dengan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah terdiri dari lembar observasi aktivitas belajar peserta didik dan tes objektif dalam bentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil analisis data setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 86,50 dengan standar deviasi 6,58 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 74,83 dengan standar deviasi 8,46. Sebelum diuji dengan uji-t, dilakukan uji prasyarat yang masing-masing sampel memiliki data yang normal dan homogen. Hasil perhitungan uji-t satu pihak data posttest untuk ?=0,05 diperoleh thitung = 3,49 dan ttabel = 1,67 yang mengindikasikan bahwa thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar peserta didik

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...