JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 10 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) terhadap Kemampuan Menulis Teks Argumentasi di Kelas VIII SMP Swasta Wiraswasta Batang Kuis Tahun Pembelajaran

Saragih, Suria Silvia (Unknown)
Sitohang, Tigor (Unknown)
Sitorus, Pontas J. (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode peta pikiran (mind mapping) terhadap kemampuan menulis teks argumentasi siswa kelas VIII SMP swasta wiraswasta Batang Kuis. Untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh metode tersebut maka dilakukan pendekatan dengan menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif ini dilakukan dengan cara perhitungan. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang ada sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran yang berbeda. Oleh karena itu, dalam proses penelitian dilakukan pengajaran sebelum menggunakan media (pretest) dan sesudah menggunakan media (post-test). Sehingga ditemukanlah perbedaan dan pengaruh dari media tersebut. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa setelah melakukan penelitian di kelas VIII SMP Swasta Wiraswasta Batang Kuis terdapat pengaruh metode peta pikiran terhadap kemampuan menulis teks argumentasi siswa tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...