JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 10 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Minat Musik Dangdut Koplo dan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Desa Sendangcoyo RT 02 RW 02 Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang

Prasetyo, Prasetyo (Unknown)
S, Tritjahjo Danny (Unknown)
Windrawanto, Yustinus (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menngetahui minat mendengarkan musik dangut koplo kemampuan interksi anak di Desa Sendangcoyo, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Adapun alasan penulis dalam memilih metode ini adalah penulis ingin memaparkan, menjelaskan dan menguraikan data-data yang terkumpul kemudian disusun secara sistematis dan dianalisis untuk kemudian diambil kesimpulan. Hasil analisis anak usia 7-10 tahun terhadap minat music dangdut koplo yaitu Anak anak mengetahui musik dangdut merupakan musik khas Indonesia. Anak anak sejak kecil sudah mendengar musik dangdut melalui media seperti HP, TV, Sound, Youtube. Anak anak  mendengarkan musik dangdut di rumah, di acara desa atau di hajatan. musik dangdut membuat semangat dan ingin berjoget, iramanya membuat gembira. Merujuk pada hasil wawancara  topik minat mendengarkan musik dangdut koplo diperoleh gambaran kelima responden anak usia 7-10 tahun Desa Sendangcoyo mulai mendengar dan menyukai musik dangdut dari kecil. Anak-anak menyukai musik dangdut karena iramanya yang membuat gembira dan berjoget. Hal ini berkaitan dengan perasaan anak-anak ketika mendengar music dangdut koplo. Dari hasil enelitian dapat disimpulkan Minat mendengarkan musik anak Desa Sendangcoyo ini karena pengaruh dari keluarga, lingkungan sekitarnya dan mereka mencari cara untuk mendengarkan musik dangdut dengan melakukan pemutaran lagu melalui media yang mereka miliki atau mengunjungi tempat adanya musik dangdut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...