JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 11 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi melalui Pelatihan Digital Marketing Bagi UMKM

Yusuf, Yusuf (Unknown)
Christianingrum, Christianingrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Pemasaran merupakan elemen penting menjalankan sebuah bisnis. Sukses tidaknya bisnis bergantung pada metode/cara pemasaran apa dan bagaimana yang dilakukan oleh pelaku usaha khususnya para pelaku UMKM. Masalah utama yang banyak dihadapi oleh UMKM di Air Ruai ialah kurangnya pengetahuan dalam memasarkan baik secara konvensional (offline) maupun secara online, khususnya e-commerce. Minimnya pengetahuan mengenai digital marketing menginspirasi tim pengabdian untuk menyampaikan sosialisasi dan memberikan pelatihan mengenai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan PKM telah dilaksanakan kepada 30 para pelaku UMKM di Desa Air Ruai, Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka. Berdasarkan permasalahan utama mitra yaitu kurangnya informasi manajemen pemasaran maka solusi yang ditawarkan kepada mitra ialah dengan memberikan materi terkait dengan marketing digital, Fotografi dan bagaimana membuat copy writing yang menarik. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, dan simulasi/ Praktek. Luaran program ini peningkatan keberdayaan berbasis teknologi serta kemampuan UMKM dalam memanfaatkan peluang pemasaran melalui media online dan memaksimalkan fitur fotografi serta copy writing untuk memperluas pemasaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...