JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 5 No. 11 (2022): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Mahasiswa melalui Diret Object Writing Method with Realia (DOWMR)

Ramli, Ramli (Unknown)
Syarifuddin, Syarifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di STKIP Taman Siswa Bima pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Sampel penelitian adalah 13 orang mahasiswa yang akan menerapkan Direct Object Writing Method with Realia (DOWMR) dalam menulis teks Deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa rata-rata hasil pre test adalah sebesar 55, sedangkan rata-rata post test adalah 73,46. Terjadi peningkatan sebesar 18,46 dari pre test ke post test. Hasil pre test dan post test kemudian dikonversi ke tabel kategori. Dari tabel kategori didapati penurunan persentase kategori Kurang dari 38,46% menjadi 0% pada post test. Kategori Cukup terjadi penurunan juga yaitu dari 61,54% pada pre test menjadi 15,38 di post test. Peningkatan persentase terjadi pada kategori Baik dan Sangat Baik yaitu masing-masing menjadi 69,23% dan 15,38% dari 0% pada saat pre test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Direct Object Writing Method with Realia (DOWMR) mampu meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...